Asiknya membuat Film (amatir)

26 May 2014

Buat film ternyata benar-benar sulit. Kemarin aku mendapatkan tugas dari dosen untuk menerjemahkan materi kedalam bentuk audio visual (Film). awalnya kaget, bagaimana tidak? aku kuliah di jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan tapi diberi tugas membuat film, sangat jauh sekali jangkauannya. walupun dikerjakan secara kelompok tetap saja rasanya berat sekali. belum lagi ada batasan durasi dan juga lokasi. durasi maksimal 45 menit dan akhirnya durasi film kami cuma 39.40 detik. sedangkan lokasinya dibatasi hanya di area kampus. ini cukup menyulitkan. kami (aku dan kelompokku) harus membuat cerita dengan latar belakang di kampus, itu rasanya sangat usah sekali. tau sendiri di kampus paling cuma ada ruang-ruang belajar, perpus, lab, dan lainnya. bagaimana mungkin membuat film dengan durasi 45 menit dengan latar belakang hanya di area kampus. akhirnya kami terpaksa mengambil sebagian adegan di luar kampus guna menunjang jalan cerita. pasalnya filmnya bukan film dokumenter. aku nangkapnya seperti FTV. :)

sekarang aku tau kenapa sutradara itu bayarannya mahal! susah banget mentrasferkan naskah ke dalam video agar video dan naskah cocok dan maksud naskah bisa diterima oleh penonton. jadi artis sinetron ternyata susah juga ya… hahahaha. jadwalnya padet apalagi kalau kejar tayang, seperti gak ada waktu istirahat. kami sih masih bisa istirahat mengambil gambar saat petang datang karena kamera yang kami pakai adalah kamera seadanya jadi tidak bisa mengambil gambar outdoor saat malam. kalau film asli kan pakai peralatan yang lengkap jadi tak maslah mengambil gambar pagi atau malam.

ada dampak positif juga dibalik pembuatan film ini. semula kami sekelompok tidak begitu akrab tapi setelah ada tugas membuat film ini, intensitas pertemuan anggota kelompok menjadi sangat sering sehingga komunikasi menjadi sangat sering terjadi pula. selain itu menambah pengalaman dalam hal mengasah kreatifitas.

dibawah ini adalah film amatir kami yang tujuannya adalah sebagai media sosialisasi AFTA (Asean Free Trade Area) yanki perjanjian perdagangan bebas negara-negara Asean yang akan berlaku tahun 2015.


TAGS unej


-

Author

Follow Me