AFTA dan Pemilu Sama Penting

20 Apr 2014

18abba79da907f736d4a36749ee65956_afta

Ada yang pernah mendengar tentang AFTA?
AFTA atau Asean Trade Free Area adalah perjanjian perdagangan bebas yang dilakukan oleh Negara-negara Asia Tenggara. Artinya barang-barang bebas keluar masuk ke Negara lain tanpa adanya tarif ekspor. Tidak hanya itu, tenaga kerja pun bebas keluar masuk kenegara lain. Tujuan awal diadakan afta adalah untuk meningkatkan daya saing produk dan semakin memperluas pasar sampai keluar negri sehingga mendukung pembangunan dalam negri. Namun demikian AFTA sendiri bisa berdampak negative bagi bangsa Indonesia. Salah satunya adalah Tenaga kerja kita akan semakin mengalami persaingan yang ketat dalam memperoleh pekerjaan pasalnya aka nada banyak orang yang kemungkinan besar masuk ke Indonesia.
Tenaga kerja di bangsa ini haruslah dibekali softskill yang mumpuni terutama dalam penguasaan bahasa Inggris agar nantinya bisa mendapatkan pekerjaan dan mampu bersaing dengan tenaga kerja di Negara lain. Namun sayangnya masih banyak orang-orang Indonesia yang belum paham betul tentang AFTA. Saya kira kita semua harus saling mendukung dan memberi informasi tentang perdagangan bebas tersebut. Mengingat AFTA tinggal menghitung bulan saja, tepat pada tahun 2015 Afta akan mulai berlaku. Jangan heran ditahun depan akan banyak muncul barang-barang dari Negara-negara tetangga yang akan merajai pasar kita. Tak hanya itu saja, jangan heran jika kedatangan tenaga pengajar dari luar negri.
Indonesia sebenarnya bisa saja menjadi Negara yang paling ditakuti di dunia. Dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia, harusnya Indonesia menjadi Negara yang diperhitungkan di dunia. Tetapi kualitas sumber daya manusia di Indonesia masih tergolong rendah, buktinya adalah setiap tahunnya banyak tenaga kerja Indonesia yang dikirim keluar negri namun hanya menempati bidang pekerjaan yang paling bawah alias masih mengandalkan tenaga saja. Apa jadinya jika setelah AFTA berlaku dan bangsa kita masih dengan kualitas tenaga kerja yang rendah?
Indonesia bisa menjadi Negara yang paling di lirik diantara Negara-negara yang terlibat dalam perjajian AFTA. Hal itu dikarenakan disamping jumlah penduduk Indonesia banyak juga terkenal paling konsumtif. Misalnya Handphone, sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan orang Indonesia memiliki handphone lebih dari satu. Bagi Negara lain Indonesia ibarat tambang emas. Jika bisa memasarkan produk-produk mereka ke Indonesia dengan harga yang relative terjangkau pastinya Negara lain akan mendapatkan keuntungan besar.
Mengingat banyak kemungkinan negative yang akan ditimbulkan akibat AFTA maka sekali lagi informasi tentang AFTA sangat penting untuk disebar luaskan. Pemerintah seharusnya mendukung penuh akan sosialisasi tersebut, salah satunya mungkin bisa dengan cara menyelipkan iklan di TV tentang AFTA. Saya kira pemerintah akan sangat mudah melakukannya namun sampai sekarang saya belum pernah sekalipun melihat informasi tentang AFTA. Padahal TV sebenarnya bisa jadi cara yang paling efektif sebagia media sosialisasi. Jika kampanye politik saja bisa di televise, kampanye tentang AFTA kenapa tidak bisa? Entahlah Pemerintah lagi sibuk sendiri memikirkan kursi kekuasaan atau apalah sehigga hal sepenting AFTA yang tinggal menunggu hitungan bulan saja seperti diabaikan.


TAGS AFTA ASEAN Pemilu


-

Author

Follow Me