Ingat, Aku Bisa dicegah!

21 Jan 2013

Miris melihat kenyataan bahwa istana kenegaraan Indonesia diterjang banjir. Agaknya banjir kali ini benar-benar parah. Tidak bisa dibayangkan jika banjir ini terus menggenangi Jakarta, pastinya semua kegiatan akan sangat terganggu mengingat bahwa istana kenegaraan menjadi pusat kegiatan pemerintahan. Banyak sekali generasi penerus bangsa yang tidak bisa berangkat sekolah, karyawan-karyawan tidak masuk kerja, kesulitan air bersih dan muncul berbagai macam penyakit merupakan contoh akibat adanya terjangan banjir. Jika terus tidak teratasi maka tidak menutup kemunkinan akan melumpuhkan kegiatan perekonomian.

Aneh, saat banjir datang pasti pemimpinnya yang selalu menjadi sasaran kemarahan, banyak cacian terlontar dari masyarakat yang selalu men36fca21e6a29c7938a6830966b70658a_prabowo-ibu-kota-perlu-dipindahcerca dengan pertanyaan-pertanyaannya. Bajir tidak boleh menjadi alat untuk memecah belah persatuan seharusnya. Saat mengalami kesulitan seperti ini kita harus bersama-sama saling gotong-royong untuk mengatasinya. Apapun permasalahannya, banjir atau apalah itu akan mudah teratasi jika dikerjakan secara bersama-sama baik pemerintah maupun masyrakat harus mampu berperan aktif.

Seperti kita tahu, banjir lebih baik dicegah daripada diatasi. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Dimulai dari tindakan kecil misalnya menjaga pohon disekeliling kita. Atau bisa juga dengan mengurangi pemakaian kertas yang berlebihan berarti juga membatasi penebangan pohon, reboisasi pada lahan-lahan kosong, membuat biopori dan yang paling penting adalah membuang sampah pada tempat yang seharusnya. Mungkin bosan mendengar cara-cara klasik tersebut namun saat ini cara-cara tersebut masih efektif untuk mencegah banjir. Mari kita bersama-sama instropeksi diri, jadikan diri kita sebagai sosok yang peduli akan lingkungan karena sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Jika kita berikan yang terbaik pada alam maka alam tidak enggan untuk bersahabat dengan kita.

Jika memang banjir terlanjur terjadi seperti ini tentunya uluran tangan bantuan sangat dibutuhkan oleh para korban. Banyak pula cara yang dapat dilakukan untuk membantu saudara-saudara kita. Misalnya dengan menyumbang bahan makanan, pakaian dan obat-obatan seperti penggalangan bantuan yang dilakukan oleh LINTAS BERITA. Kita dapat menyalurkan bantuan kita melalui LINTAS BERITA yang beralamatkan Jl. KS Tubun 2C No.8, Slipi, Patambunan Jakarta 11410. LINTAS BERITA juga menyadari bahwa batuan bisa saja selain bantuan logistik, misalnya saja hasil karya. LINTAS BERITA akan menyambangkan Rp. 10.000,- kepada para korban banjir untuk setiap blog post mengenai banjir Jakarta. Sebuah inovasi dari LINTAS BERITA ini tentunya sangat bagus. Kita bisa membantu saudara-saudara kita dengan menyumbangkan artikel kita.

Intinya adalah alam akan selalu membalas apa yang kita lakukan kepadanya. Lindungi alam maka alam akan melindungimu juga. Tak perlu bingung memberikan bantuan kita karena bantuan dapat berupa apa saja. Mari kita sama-sama menjaga alam. Stop banjir dari sekarang. Rapatkan barisan, genggam erat tangan saudara kita untuk bersama-sama mencegah banjir.

Semoga tulisan ini memberikan manfaat walau hanya secuil saja.


TAGS Blogger Peduli


-

Author

Follow Me